Thursday, March 02, 2006
posted by TokoMainanOnline at 11:43 AM | Permalink
The Blessed One

Ada kemiripannya ga?

Si ganjen

Mom, jgn lama2 donk...malu nih


Ini adalah 2 orang terpenting dalam hidupku. Tak bisa kubayangkan hidup tanpa mereka.

Tak terasa bahtera pernikahan kami sudah melewati masa 2 tahun. 2 tahun? waduh.. kata orang sih masih sependek dan serenta pohon tauge. Tapi bagi gue, kayanya udah panjangggggg banget. Makanya ga kebayang deh ama yg udah merit 15 taon, 25 taon, 50 taon???? Salut!

Kami datang dari background keluarga yang berbeda, etnis yang berbeda pula. Chinese dan Batak, 2 etnis yang masing-masing masih memegang kebudayaannya dengan sangat erat. Kebayang kan gimana ruwetnya. Yang satu mau begini, yang satu mau begitu.

Dari waktu gue pacaran, udah banyak banget dentingan suara "lo yakin? ama batak? Lo tau ga sih batak tuh begini ... begitu..." Capek sih nyaotin yg begitu2, tapi yah mau bagaimana, emang harus gue hadapin.

Sebenarnya, laki gue tuh ga keliatan batak2 amat sih. Malahan hampir 100% temen2 and sodara2 gue yg ga tau, sama sekali ga pernah kepikiran kalo dia batak. Rata2 mereka kaget kalo gue bilang laki gue bukan chinese, dan lebih terheran lagi kalo gue bilang dia batak. Makanya, kebanyakan gue sih diem2 aja, biarlah dianggap "sesama", daripada gue musti repot ngejelasin ono ini.

Berpacaran dengan seorang Batak juga ga segampang yg gue kira. Kekeluargaan mereka sangat erat, itu berarti gue juga harus memacari keluarganya. Gue harus pedekate keluarga si anu, harus menghadiri acara kekeluargaan si ono, harus bisa menghapal panggilan2 terhadap mereka dalam bahasa batak, seperti namboru, mak tua, pak tua, makela, inang tua, inang muda, ito, dll. Awal dulu, gue kesulitan banget ngapalin panggilan ini. Bayangin aja, udah bahasanya agak aneh, baru pertama kali denger, tiba2 aja disuruh ingetin berpuluh2 orang yg hadir di acara tersebut dalam waktu yg singkat karena mereka menuntut gue utk bisa memanggil mereka dengan panggilan yang baik dan benar. So, kalo lain kali mereka nyamperin gue dan nanya, "ayoo..udah inget belom panggil saya apa?" dan gue ga inget, mereka akan menyindir2 "ah..masa sih kamu susah amat belajarnya. Mantu si anu aja tuh yg non batak bisa cepet kok hapalnya." Jadilah gue bete. Dan akhirnya agak ogah2an kalo diajakin acara gituan. Untungnya mertua dan laki gue, mereka ngerti kalo gue agak susah beradaptasi dengan keluarga besar mereka. Jadi mereka ga pernah maksa kalo gue musti hadir ke acara2 gituan.

Untuk masalah kultural ini, kita masing2 saling menghormati satu sama lain. Karena suami ga pernah maksain gue utk masuk ke kebudayaan keluarganya, gue pun begitu terhadap dia. Misalnya ada acara adat org chinese, seperti imlek, cap go meh, sembahyang2 pake hio, kalo suami ga mau ikut ato ga mau pegang hio, g ga pernah maksa. Sepertinya utk urusan kebudayaan ini, ga ada masalah sama sekali.

Masalahnya sendiri tuh ada di diri kita masing2. Sifat2 kita yg saling ga mau ngalah, saling mau ngatur, sama2 mau jadi dominan, sama2 keras, sama2 nyebelin, saling beradu terus. Maklum deh, sama2 anak pertama jadi udah kebiasaan selalu jadi nomor 1 pula.

Awal pacaran gue frustasi berat. Gue itu seneng banget ama yg berbau2 romantis, gue seneng dimanja2in, seneng disayang2, cumaaa.....sama suami sih jangan harap. Romantisnya cuma pas pedekate doank. Ga bertahan lama. Mungkin semua orang batak gitu kali ya. Cuek nya minta ampun. Dikala gue pengen dimanja2, dia malah asik nonton tv, ato bahkan tidur! Di kala gue pengen ngobrol, dia malah sibuk baca koran, ato majalah dan cuma manggut2 tak butuh dengerin gue nyerocos. erghh.. gimana ga bikin keqi. Gue kaya ngomong ama tembok.

Tapi ya begitulah. Utk mendiskusikan masalah juga selalu bentrok. Dia bilang gini, gue bilang gono. Sama2 saling mempertahankan pendapat, akhirnya ya gontok2 an lagi. Tapi anehnya, biarpun selalu berantem, biarpun udah putus berkali2, tetep aja bisa balik kembali, rukun kembali.

Hanya 2 kelebihan suami gue, yaitu dia tipe cowo setia dan takut akan Tuhan. Selama pacaran 3 tahun, kita ga pernah berantem gara2 orang ketiga. Eh... pernah deng. Sekali. Gara2 nya ada cewe yg deketin dia pas lagi masa break ama gue. Mereka sempet keluar bareng beberapa kali, sampe katanya si cewe ini bela2in nyamper ke kantor suami. Grrrr...

Sebenarnya gue ga tau persoalan cewe itu kalo bukan suami sendiri yg bikin pengakuan. Pasalnya nih, dia jadi gelisah sendiri karena setelah jadian balik ama gue, cewe ini tetep suka nelpon2 ke hp nya. Gue sendiri beberapa kali mergokin dia me reject telpon yg masuk. Kalo gue tanya siapa, dia cuma bilang "ada org iseng." Dasar lelaki!!

Selain itu, dia jadi sering off in hp nya kalo lagi di rumah gue. Bodohnya, gue sama sekali ga curiga. Itulah gue, selalu positive thinking. Tapi toh, dengan sikap gue yg bodoh ini, malah membuat dia makin ga enak hati karena udah ngeboongin gue. Akhirnya pada suatu hari, dia dengan gugup membuat pengakuan ke gue, kalo selama ini dia ngeboongin gue, kalo dia sempet deket ama cewe bbrp waktu lalu, kalo ternyata telpon yg selalu dia reject itu adalah telpon dari cewe itu dan bukan orang iseng. Dan cewe itu adalah temen kantor nya di tempat yg dulu.

Marah! Waktu itu gue marah besar, sebel, ngambek. Emang sih, kalo dipikir2 dia ga 100% salah, karena gue ama dia lagi break, berarti status dia single. Tapi kan, masa baru break sebentar aja udah bisa pindah ke lain hati. ihhh...pengen nyekek deh, beneran..

Lantas, apa gue diem aja? Oh... No!! Gue langsung beraksi. Gue mengultimatum suami agar hp nya dinyalain dan kalo cewe itu telpon, harus gue yg angkat. Dan akhirnya, keinginan gue tercapai dgn sangat sukses. Pas cewe itu nelpon, langsung gue angkat dgn baik2. Dia kaget, sampe dia pikir dia salah nomor. Kasian juga sih denger saltingnya tuh cewe, tapi gue harus menegaskan (secara tidak langsung) kalo si Koko ini udah ada yg punya tau!!

Untung aja cewe itu tau diri. Setelahnya, dia seakan hilang ditelan bumi. Ga pernah kontak suami lagi. Itu berarti gue pemenangnya. Yipi....!!

Itu aja sih penyelewengan dia (bisa dibilang nyeleweng ga ya). Ga pernah lagi (jgn sampe pernah lagi deh) sampe sekarang. Setelah merit pun, gue selalu percaya 100% sama dia. Yah, abisnya kalo curigaan terus sih bisa2 gue yg senewen sendiri, soalnya mana bisa jagain mulu, apalagi kalo dia lagi sering2 keluar kota. Yah pasrah aja. Dalam hati gue tanam dalam2, kalo suami gue itu adalah suami yg sayang keluarga, cinta istri, dan yg terpenting setia ama gue, positive thinking aja deh.

Suami gue juga bisa dibilang bapak yg baik. Dia mau repot2 bangun malam utk bikin susu dan nyusuin anak gue, dikala gue udah teler bobo karena kecapean ngurus bayi dari pagi. Malahan dia bangun tiap 2 jam sekali utk ngecek apakah anak gue ngompol ato ngga. Kalo ngompol, dia yg gantiin popoknya. Kalo nangis, dia yg gendong nimang2 sampe bobo lagi. Pdhal, dia sendiri juga udah capek seharian ama kerjaan kantor.

Sampe sekarang, usia anak gue 15 bulan, lengket bener ama papinya. Motto suami, ama istri boleh cuek, tapi ama anak jangan sampe. hiks..









Labels: