Tuesday, May 09, 2006
posted by TokoMainanOnline at 7:59 AM | Permalink
Kekhawatiran yg berlebihan
fiuhhh.... capekkkk gw hari ini. Pagi2 udah berantem ama misua. hmm... sarapan yg berat deh. Udah 2x gw berantem ama koko pas pagi2 dlm perjalanan mo ke kantor dengan topik yg sama. Kebayang kan bete nya kalo pagi2 udah pake bentak2an.

Masalahnya??? ANAK!! Emang deh kalo udah masalah anak, bikin ribet sejagad raya. Beda pendapat, beda persepsi, beda perlakuan, beda segala2nya. Gw berkali2 tekankan ama koko kalo masalah anak itu sebaiknya prioritas masalah gw, jadi dia ga perlu terlalu dalam ikut campur. Tapi biarpun berkali2 dibilangin, berkali2 pula masuk telinga kiri dan keluar telinga kanan dia. capek...

Masalah pertama.
Kei digigit semut. Hari pertama digigit semut 3 sekaligus. Hari kedua, digigit lagi 2. Jadinya kaki dan tangan kei merah2 bentol gede2. Kenapa itu jadi masalah? Karena misua ga seneng anaknya kena gigitan terus dan akhirnya mba nya yg jadi sasaran. Pas hari kedua ini, misua langsung ngomelin kedua mba yg jaga kei dengan tuduhan kalo mereka tidak dgn bener2 jaga kei sehingga kei bisa kegigit semut terus.

Si mba memberi argumen kalo dia udah berusaha jaga, tapi namanya semut kecil gitu kadang ga bisa keliatan mata. Misua ga mau ngerti, jadilah ada sedikit perdebatan dan diakhiri dengan perasaan kesel di kedua belah pihak. Misua kesel, si mba apalagi, bete banget.

Gw ga bisa ngomong apa2 pas misua lagi marah. Takut dibilang membangkang. Jadinya gw diem padahal gw ga setuju dgn cara misua. Tapi pas setelah misua pergi ke atas, gw ngomong ke si mba secara baik2, gw bilang kl gw ga nyalahin dia, gw ngerti posisi dia, gw jg ngerti kl semut itu kecil2 dan kadang ga keliatan ama mata. Istilahnya, gw minta dia ngerti deh ama misua, dan omongannya jgn dimasukin ke hati. Gw jg kasih solusi supaya ga kegigit semut ya mainan kei harus sering2 dibersihin karena banyak sisa makanan yg kadang nempel, dan menjadi sarang semut.

Nah ke misua ini, kalo dia lg marah, gw lebih baik diam dan menunggu sampe dia reda. Akhirnya pas esokan harinya baru gw coba bicara ke dia. Kejadian ini pas pagi2 kita lg dlm perjalanan mo ke kantor. Ngobrol punya ngobrol akhirnya malah jd berantem. hiks.... dari yg awalnya berusaha ngomong baik2, malah jadinya tarik2 an urat. weleh...

Gw berusaha sampein ke misua kalo kejadian kemaren itu dia ga boleh marahin si mba seperti itu. Apalagi dgn tuduhan segala. Yg harus kita lakukan adalah mencari solusi supaya kei ga kegigit semut lagi. Tp misua ga mau terima. Itulah susahnya.

Masalah kedua
Kei jatuh. Duh.. namanya anak2, kayanya jatuh adalah hal yg biasa deh. Pas pulang kantor, si mba laporan kalo tadi kei jatuh pas lagi lari2 di jalan. Akhirnya lututnya merah2 dan ada luka sedikit tp tdk sampe berdarah, cuma beset2 doank. Misua langsung ga seneng dan lagi2 menuduh mereka (kedua mba) jaga kei sambil ngobrol.. bla.. bla.. bla...

Gw sebel bgt deh dengernya. Bukannya masalah gw ga sayang anak, tp bagi gw hal itu bener2 biasa bgt. Masa sih anak ga boleh jatuh? Masa sih anak ga boleh kegigit semut? Kebangetan deh. Terlalu over protective. Misua kepengen anaknya mulus, licin, ga ada cacat sedikitpun? Mana bisa? Emangnya anaknya patung yg ga pernah bergerak2?

Akhirnya krn perbedaan pendapat ini, menjadikan sepanjang jalan tadi ke kantor bagaikan neraka. Kita sama2 saling berebut memberikan pendapat, yg saling tidak disetujui satu sama lain. Menurut koko, kalo kei sampe jatuh, berarti mba nya careless. Dan kalo udah careless gt, bahaya bgt karena di gang rumah itu kadang2 ada mobil, motor, ato sepeda lewat. Dia takut bgt kalo kei sampe ketabrak krn kecerobohan si mba dlm menjaga. Jd nya dia mengeluarkan ultimatum, lebih baik kei tidak usah keluar main lagi. Di rumah aja!!

Menurut gw, si mba bukannya careless, tapi emang si kei aja yg kalo uda lari ga mau dipegangin. Sama gw aja jg begitu kok. Dan kalo gw sih, dia ga mau dipegangin ya udah. Kalo dia jatuh pun, menurut gw its ok selama jatuh biasa, ga kebentur kepala. Jatuh adalah proses belajar. Dgn jatuh, kei jadi belajar bahwa kalo dia lari dan tidak hati2 ada akibatnya. Jadi utk next time, dia akan belajar utk berhati2.

Misua ga bisa terima. Katanya kalo kei mau lari dan ga mau dipegangin, mendingan jgn kasih lari. Gendong aja, atau bawa masuk ke rumah. Aduhhhhhhhhh...... Gw ga setuju bgt. BANGET!!! Masa kalo ga mau dipegangin ga boleh lari. Mau jadi apa nanti anak kita?? Mau sampe kapan dilindungi seperti itu terus. Mo sampe kapan dia akan belajar mandiri dan tanggung jawab akan dirinya sendiri? Fiuhhhhhhh.....

Gw bilang ama misua, kalo dia memakai prinsip seperti itu, akan membuat kei menjadi anak yg tidak ada tanggung jawab. Lama kelamaan kei akan berpikir, kalo dia berbuat sesuatu yg ga bagus, ada org lain kok yg tanggung, ada org lain yg dimarahin papi, dan yg pasti bukan dia sendiri. Apakah baik kalo kei lama2 tdk punya alert sendiri akan danger, dan selalu bergantung sama org yg melindungi dia, apakah baik kalo kei berpikir, lari sana lari sini dan kalo dia jatuh, itu adalah kesalahan si mba karena tdk menjaga dia dgn baik? Bah.... ngaco bgt.

Pokoknya utk yg masalah ini, gw akan menentang misua habis2an. Selain tdk mendidik kei, itu jg akan membuat org yg kerja sama kita tdk akan betah. Sudah berkali2 ganti org dan kebanyakan semua berenti krn merasa tanggung jawab menjaga kei terlalu berat dan mereka merasa tidak sanggup. Ini ga boleh, itu ga boleh, ini salah, itu salah. Pusing emang. Gw kalo jd mereka jg pasti ga sanggup. Anak bukan, sodara bukan, tp kitanya kena omel terus.

Perdebatan dgn suami bisa agak reda dgn solusi yg rada ngambang. Gw bilang dia boleh khawatir tp jgn sampe berlebihan dan tolong diperbaiki cara penyampaian ke si mba. Lebih baik, dia marah ke gw, dia sampein unek2 ke gw, nanti gw terusin ke si mba dgn penyampaian yg lebih baik. Krn gw tau, misua kalo lagi marah, ga bisa tahan emosi. Lebih baik gw deh yg kena semprot, drpd org lain dan menjadikan gw pusing tujuh keliling pas saat si mba mengatakan dia mo berenti. Jaman sekarang bo, cari org baik susah dan gw merasa si mba ini udah lebih dr cukup. Dia sayang ama kei, suka ngajak kei main, seneng nyanyi, seneng cerita, pinter ngajarin ngomong, dan perkembangan bicara kei sejak sama si mba ini bagus banget, dan yg terpenting kei sehat, makan bagus, pup lancar, tidur cukup, menurut gw itu udah lebih dr cukup. Don't expect to much.

Labels: