Friday, November 24, 2006
posted by TokoMainanOnline at 9:22 AM | Permalink
Makannya kei
Gara2 baca postingan si amey, gw jadi ngerasa senaseb. Mungkin sebagian besar anak kecil gt kali ya. Susye makan daging. Sedikit ketemu daging langsung dilepeh. Bedanya gw ama amey, dia rajin tuh sampe diblender segala, ato disaring2, kalo gw sih boro2 mikirin gituan :(. Paling gw potong kecil2 pas udah mateng, kl mo makan syukur, kl gak mo makan ya udah.

Pola makan kei rada aneh. Waktu bayi, gampang banget. Apa aja masuk. Masuk mulut langsung telen, ga pernah diemut. Tapi itu hanya bertahan selama dia masih makan bubur. Salahnya, gw agak telat kenalin dia ke makanan padat (nasi lembek). Jadinya sepertinya si kei udah keenakan makan bubur yang tinggal telen glek, tanpa dikunyah. Dan pas mulai gw ganti tekstur makanannya, ini deh yg perjuangan berat sekali.

Gw mulai kasih makanan padat pas dia kira2 umur 11 bulan. Senewen. Pertama, karena anaknya sendiri jadi gak mo makan. Kedua, karena gw gak dpt dukungan dr siapa2. Mertua ribut2 mulu bilang gw salah pola lah, katanya makanan padat itu baru boleh mulai dikasih pas umur 2 taon lah... misua sendiri lebih pro ke nyokapnya. Ya tinggal gw yg musti berjuang sendiri.

Sejak makan nasi, kei jd susah makan. Bisa loh seharian dia kagak mau makan samsek. Gak sesendok pun yg masuk. Bayangin dah, gimana gw gak kepikiran tuh. Kalo lagi bagus, bisa masuk 2-3 sendok, itu juga main kejar2an kesana kemari. Udah gak mempan kasih makan sambil bermain. Yg ada maunya main melulu tp gak mo nganga.

Sejak umur 19 bulan, pola makannya berubah lagi. Kali ini dia doyan ama nasi, tapi nasi tok. Tanpa ada embel2 sayur ato daging. Tiap kali disuapin, dia langsung liatin sendok nya, terus dia amatin, kalo ada daging ato sayur, langsung tereak2 "Nasi aja....nasi aja..." Jadilah kita musti pinter2 nyusun tuh daging diumpetin di dlm nasi dgn rapi supaya gak keliatan. Jadi sekarang tahapnya bukan lagi tidak bisa makan daging, tapi tepatnya tidak mau makan daging. Kalo dagingnya diumpetin dan dia gak tau, dia sih fine2 aja ngunyahnya. Kecuali dagingnya keras dan dia berasa susah ngunyah baru deh dipelehin.

Yg gw perhatiin di setiap anak, knp ya rata2 anak umur segitu cuma mau makan nasi doank. Sampe sekarang pola makan blm berubah, tetep ngefans ama nasi doank. Indonesian sejati dah. Baru belakangan ini aja, kira2 2 minggu belakangan, mulai mau gado2 sayur, itu juga tertentu aja. Dan jenisnya dikittttttttt sekali. Kei tuh kalo makan nasi tok, bisa sampe ngomong gini, "emmmmmm....enak..enak..." dgn ekspresi muka yg nikmattttt banget. Tinggal gw yg hopeless liatin dia makan nasi tok.

Sejak gw kasih dia makan sendiri, kasih piring sendok dan dia nyendok sendiri, makannya cepet banget. Nasi sepiring bisa abis dlm bbrp menit doank. Tp ya gitu, nasi doank. jgn harap dia mo ambil2 sayur ato lauk. Sampe sekarang masih heran sih, kenapa ya segitu ngefans nya ama nasi putih? Kl nasi goreng gw masih ngerti, masih ada rasa, kl nasi putih doank? hoekk....

Labels: