Monday, April 07, 2008
posted by TokoMainanOnline at 9:13 AM | Permalink
Apartemen
Belakangan ini, lagi heboh yang namanya Apartemen bersubsidi. Gak jelas maksudnya apaan, katanya sih disubsidi pemerintah. Tapi kalo dipikir-pikir, sebenarnya konsepnya adalah rumah susun, cuma supaya keren namanya jadi apartemen bersubsidi.

Salah satu yang bikin heboh adalah Gading Nias Residence. Apsub (apartemen subsidi) ini berlokasi di kelapa gading, dan sekarang lagi menjadi topik seantero warga kelapa gading. Mereka berbondong2 ngantri dan membeli unit ber kamar2, katanya nih, ada yang sekali beli langsung 4 unit (padahal perorangan). Malah katanya, Astra ngeborong 14 unit sekaligus. Weleh weleh....

Harganya sih terbilang murah emang bila kita bandingkan dengan apartemen lainnya di sekitar kelapa gading. Tarohlah Kelapa Gading Square. Tipe 35M2 itu harganya dipatok sekitar 300jt an, sedangkan Gading Nias utk ukuran yang sama, harga cuma 144 jt saja. Beda hampir 50% lebih. Belom lagi cara pembayarannya. Uang muka cuma 20% dan bisa dicicil 7x. Selanjutnya, bisa KPA sampe 10th. Jadi sebulan cuma perlu bayar cicilan 1 jt an aja. Cuma saja, gw denger-denger, Apsub ini tidak ada fasilitas kolam renang. Bedanya hanya di situ. Fasilitas mereka pas-pas an.

Selain fasilitas, nantinya untuk uang bulanan pun, apsub semua memakai parameter rusun. Jadi harga air, listrik, dll semua mengikuti harga rusun. Murah meriah kan. Padahal nih, menurut gw, pemilik apsub ini bukan orang kalangan menengah ke bawah. Contohnya di Kelapa Gading. Yang beli rata-rata orang Kelapa Gading. Dan tau sendiri warga kelapa gading itu adalah Kalangan menengah ke atas bo!! Bagi mereka sih, cicilan 1 jt itu gak ada artinya. Beli 4 unit baru 4 jt sebulan. Masih sangguppppp!!! Heran heran... jadi apa gunanya donk dibangun apartemen subsidi ini, wong katanya untuk membantu kalangan menengah ke bawah supaya bisa beli rumah? Tapi nyatanya yang ngeborong malah orang-orang berduit.

Sabtu kemaren, saking penasarannya gw pergi ke Kantor pemasaran. Penasaran pengen liat contoh unitnya. Penasaran juga kepengen beli wekekekekkk... Cicilan 1 jt sih gw masih lebih dr sanggup hehehe. Gak usah nyicil lah, beli kontan juga masih sanggup (sombong.com). Kapan lagi kan bisa tinggal di kelapa gading, dengan segudang fasilitas, sekolah anak yang lengkap (ini yg terpenting), walaupun kena banjir setiap taon, tapi tetep aja peminat tidak berkurang. Kata orang-orang yg fans berat kelapa gading, Dimana sih jakarta ini yg tidak banjir? (buat pembenaran). Tapi emang bener, kalo tdk mau banjir ya pindah deh ke pinggiran kota, kaya rumah gw di cibubur kekekekekkk....

Cuma ternyata, ukuran 35m2 itu kecil banget yak! Buset deh. Cuma 5x7 m, bayangin. Dalam ukuran segitu kecil, ada 2 kamar tidur, dapur dan ruang tamu. Jadi semua ruangan dibagi2 semungil mungkin. Gw rasa, kalo diisi 2 orang pun, jalan udah mentok sana sini. Cocoknya utk 1 orang aja. Tapi konsepnya kan utk Rumah tangga, buktinya ada 2 kamar (yg satu kamar anak). Pas ngeliat contoh unitnya, gw merasa sangat tidak mungkin bagi gw utk tinggal disana. Sumpek! Kecuali kalo gw ngeborong 4 unit seperti orang-orang, yang artinya untuk bangunan seluas 140m2, gw harus ngeluarin kocek sebesar 576jt. Nahh.. kalo udah kaya gini, namanya kan bukan murah lagi.

Nantinya apsub ini akan dibangun menjadi 8 tower, dengan (kalo gak salah) 25 lantai. Tiap lantainya gw kagak tau deh ada berapa unit. Pokoknya total nya sekitar 6000 unit an. Kebayang deh ramenya dan sangat tidak ada privacy hehehe

Jadi nih kesimpulan gw, orang yang beli itu kebanyakan untuk invest. Sedangkan gw kalo untuk sekedar invest, uang gw belom cukup. Mendingan duitnya gw pake buat beli rumah yang lebih besar drpd rumah yang sekarang. Gw sih asli lebih milih tinggal di rumah gw di cibubur, walaupun jauh, tp masih lebih besar, ada halaman luas, banyak jendela, angin kenceng, sejuk, daripada apsub yg miskin ama jendela, dan kalo gak pake AC 24 jam pasti kagak bisa napas :p
 



1 Comments:


At 1:58 PM, Blogger evancelia-mom

Mel, apsubnya kecil bgt yah ? gua jg minat sih, kalau ada yg murah meriah di cibubur kasih tau yak hihi..