Tuesday, June 06, 2006
posted by TokoMainanOnline at 10:46 AM | Permalink
Dilema kehidupan
Namanya kehidupan berumah tangga, janggal kalo jalannya mulus-mulus aja. Yang namanya pertengkaran kecil selalu ga bisa dihindarkan. Tapi kadar besar kecilnya pertengkaran itu juga relatif. Mungkin bagi si A udah besar banget, tapi bagi si B malah hal biasa.

Kebayang ga sih waktu masih pacaran kalo kehidupan pernikahan itu kaya apa? Dulu gw sih ga kebayang. Maksudnya ga pernah kebayang resenya. Dulu gw ngerasa asik2 aja merit, makanya gw heran banget kalo ngeliat temen2 yg masih single takut banget ama konsekwensi pernikahan. Menurut gw dulu, apa sih susahnya? Kenapa sih gitu aja kok banyak pemikiran? Bikin ngejlimet aja.

Menurut gw dulu, kehidupan merit itu asik kok dan bakal serba indah. Keluar dr rumah ortu dan hidup mandiri sepertinya juga excited banget. Apalagi ditemenin ama pasangan soulmate kita sehingga kita punya temen sejati di kala sedih dan susah, temen utk saling sharing, saling dukung, temen curhat dan temen yg menghibur kita kalo kita lagi bete, temen tidur, temen nonton, temen jalan2, temen yg nganterin kita kemana2 :p

Kalo sekarang gw denger ada seseorang yg punya pandangan seperti gw dulu, pasti gw akan bilang tolol. iya... TOLOL!! Mungkin kata2 ini kasar banget, tp skrg gw lagi gregetan ama diri gw sendiri. Kenapa dulu gw bisa berpikiran gt, kenapa dulu gw ga berpikiran panjang, kenapa gw dulu jadi orang kok bisa begitu cuek dan tidak mau mengindahkan nasehat2 dan wejangan2 dr tetetua yg sudah berpengalaman?

Yang namanya penyesalan selalu emang dateng belakangan. Dan sebenarnya gw ga pengen menyesali semua keputusan yg udah gw ambil. Tapi kadangkala, dimana rasa stress datang,
tanpa disadari penyesalan pun timbul. Berkali2 juga gw timbun rasa penyesalan itu dalam2, kalo perlu dibikin terali besi yg kuat kokoh dengan gembok yg pake rantai berlipet2 supaya dia ga bisa keluar lagi. Tp lagi2 gw tak mampu.

Dulu, gw ga pernah kebayang kalo temen yg gw impikan untuk menjadi temen di kala suka dan duka bisa menjadi seseorang yg menurut gw sangat asing, dimana dia tidak lagi bisa diajak ngobrol apalagi curhat. Dimana dia selalu memasang tampang jutek ke gw, dan bisa memberikan senyum yg manis di saat bersamaan kalo dia bertemu seseorang di jalan. Gw ga pernah kebayang kalo suatu saat dr mulut kami masing2 bisa keluar kata2 kasar bila ada yg tidak berkenan. Gw jg ga kebayang kalo suatu hari kami bisa berangkat sama-sama dari rumah, naik mobil yg sama, menempuh perjalanan ke kantor selama 1,5 jam, tapi tanpa ada percakapan sepanjang jalan, apalagi kalo ditambah macet, masing2 udah senewen, dan gw harus berjuang keras utk menutup mulut gw rapat2 karena si dia tidak suka mendengar suara elahan napas gw yg menurut dia itu adalah suara keluhan.

Wajar ga sih kalo lagi macet kita sekedar berkomentar "gile..macet bener", wajar ga sih kalo kita sekedar menghela napas krn selama 1/2 jam mobil berenti belom bergerak sama sekali. Wajar ga sih kalo pas di tengah kemacetan itu, gw berusaha mencairkan suasana dengan ngajak ngobrolin apa gt utk sekedar ngilangin rasa bete. Tp selalu gw dijawab dgn 1 jawaban pendek "diem aja deh".

Jawaban itu sepertinya udah menjadi jawaban wajib dia kalo dia lagi bete. Jawaban itu pula yg selalu gw dapet kalo gw liat dia lagi ada masalah dan gw sekedar pengen menjadi temen sharingnya. Salahkal gw kalo gw menanyakan apa masalah dia kalo dia bilang lg banyak pikiran.

Jadi intinya, gw lebih baik diem drpd ngajak dia ngobrol. Jd gw kadang mikir, gw dianggap apa yah? Apakah dia nganggap gw patung hidup? Yg hidup tapi ga boleh bicara? Kenapa gw selalu disuruh diam...diam... diam.. Apakah dia seneng kalo gw jadi bisu? Apakah perlu gw jd bisu, sehingga dia ga akan pernah lagi terusik sama suara gw. Apakah gw ga layak lagi dijadikan temen utk sekedar ngobrol, curhat, cerita2. Sejuta pertanyaan tak terjawab selalu menjadi unek2 di hati gw, yg rasanya bikin sesak napas dr hari ke hari.

Labels: